Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen (Studi Kasus : Toko SRC Nanik di Wonogiri – Jawa Tengah)
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55600/jipa.v13i2.291Kata Kunci:
algoritma apriori, data mining, pola pembelian, strategi penjualanAbstrak
pokok dan kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, peralatan pribadi, dan lain sebagainya. SRC Nanik berlokasi di Purwantoro, Wonogiri, Jawa tengah yang di dirikan pada tahun 2010 oleh Giriyanto. Setiap usaha ritel pasti memiliki catatan transaksi kegiatan operasinya, baik dicatat secara manual di buku atau yang sudah menggunakan komputer. Namun, nyatanya, data transaksi tersebut jarang dimanfaatkan oleh pemilik toko, padahal catatan transaksi tersebut dapat diolah kembali hingga menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pemilik toko. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan data mining. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu adanya pemanfaatan data untuk penentuan strategi bisnis. Data transaksi tersebut diolah dengan algoritma apriori agar dapat memberikan pengetahuan baru yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik ritel. Studi ini menggunakan algoritma apriori untuk pemrosesan data yang efisien, menggunakan aturan asosiasi untuk mengungkap kombinasi item yang memenuhi nilai support dan confidence yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan metode algoritma apriori dapat mengidentifikasi pola pembelian yang terjadi di SRC Nanik, dengan asosiasi yang terbentuk dapat digunakan untuk memahami kebiasaan belanja pelanggan dan dapat digunakan untuk meningkatkan strategi penjualan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Erni Seniwati -, Fahrizal Wahyu Syaiful Anam, Ninik Tri Hartanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.