A Analisis Perbandingan Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Penggunaan Marketplace: Studi Kasus Emping Melinjo Kak Bit Pidie Jaya
Analisis Perbandingan Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Penggunaan Marketplace: Studi Kasus Emping Melinjo Kak Bit Pidie Jaya
Kata Kunci:
Marketplace, UMKM, Penjualan, Paired t-testAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penjualan sebelum dan sesudah penggunaan marketplace pada UMKM Emping Melinjo Kak Bit di Desa Mesjid Tuha, Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan uji beda berpasangan (paired t-test), dengan data penjualan dari dua tahun sebelum (2018–2019) dan dua tahun sesudah (2020–2021) penggunaan marketplace. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara penjualan sebelum dan sesudah penggunaan marketplace, di mana rata-rata penjualan setelah penggunaan marketplace lebih tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan marketplace secara signifikan dapat meningkatkan penjualan pada UMKM tersebut.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rismadi Rismadi, Meutia Handayani, Asmaul Husna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.