https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/issue/feed Jurnal Ilmiah Akuntansi 2025-06-20T05:05:30+00:00 Rizki Ramadhan, S.Tr.Ak., M.Si rizkiramadhan@politeknikaceh.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Ilmiah Akuntansi (JIA</strong>) is a Scientific Journal published by the Politeknik Aceh, Banda Aceh. Jurnal ilmiah Akuntansi (JIA) <span data-sen="sen-1"><span class="sen">posted two times a year, specifically in March and September.</span></span> T<span class="sw">he</span> <span class="sw">purpose</span> <span class="sw">and</span> <span class="sw">scope</span> <span class="sw">includes </span>Financial Accounting, Management Accounting, Sharia Accounting, Cost Accounting, Government Accounting, Budgeting, Auditing, Accounting Information Systems, Non Profit.</p> <p style="text-align: justify;">All submitted articles should report original, previously unpublished research results, experimental or theoretical that are not published and under consideration for publication elsewhere. The publication of submitted manuscripts is subject to peer review. Both general and technical aspects of the submitted paper are reviewed before publication. Manuscripts should follow the style of the journal and are subject to both review and editing. Online submission and publishing system using Open Journal Systems (OJS).</p> <p style="text-align: justify;">Editorial Team welcome submissions of papers describing researchers, practitioners, regulators, students, and other parties interested in the Accounting. Jurnal Ilmiah Akuntansi (JIA) accepts manuscripts of either quantitative research, qualitative research, mix method research, and Research and Development (R&amp;D) written in either Bahasa Indonesia or English.</p> <p style="text-align: justify;"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1411535249" target="_blank" rel="noopener">P-ISSN 2406-8756</a></p> <p style="text-align: justify;"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211220201291242" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN 2809-445X</a></p> https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/324 KONTRIBUSI PERTANIAN CENGKEH TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DALAM PERSPEKTIF AKAD MUSAQOH (STUDI PADA PETANI CENGKEH DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAH KABUPATEN SIMEULUE) 2025-04-28T15:13:33+00:00 Delna Safitri delna.safitri@ar-raniry.com Hafiizh Maulana hafiizh.maulana@ar-araniry.com Seri Murni seri.murni@ar-raniry.ac.id <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, tanaman cengkeh perkebunan rakyat terluas di Provinsi Aceh hingga sekarang ini masih berpusat di Kabupaten Simeulue, yaitu seluas 16.011 Ha. Para petani cengkeh di Kecamatan Simeulue Tengah sering kali menerapkan kegiatan kerja sama dalam menghasilkan cengkeh miliknya sebagai bentuk saling membantu untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi biaya hidup. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pendapatan pertanian cengkeh terhadap pendapatan rumah tangga petani&nbsp; dalam perspektif akad musaqoh di Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persentase kontribusi rata-rata pendapatan pertanian cengkeh terhadap rata-rata pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue pada musim panen cengkeh tahun 2024 adalah sebesar 4.006.062 ton atau sebesar 5,7% sedangkan perbulannya yaitu 338,838 ton atau sebesar 5,6% berada pada rentang &lt;25% dengan kategori sangat rendah. Untuk akad yang dilakukan dalam perjanjian kerjasama pertanian cengkeh di Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue menggunakan akad musaqoh yang mana pemilik kebun menyerahkan kebun miliknya untuk dipelihara dan menjadi tanggung jawab penggarap sesuai kesepakatan yang telah disepakati, perjanjian bagi hasil yang dilakukan yaitu dibagi 3, yakni 1 bagian untuk pemilik kebun dan 1 bagian untuk penggarap serta 1 bagian lagi untuk biaya pemeliharaan, dalam pembagian ini dikeluarkan dahulu untuk biaya pemeliharaan barulah hasilnya nanti dibagi rata yaitu 50% untuk sipenggarap dan 50% untuk pemilik lahan.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Seri Murni https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/323 PENGARUH PROMOTION MIX DAN BRAND IMAGE PRODUK SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG IMAM BONJOL MEULABOH ACEH BARAT 2025-04-28T13:47:04+00:00 M. Zamhuri Ramadhan 190603087@student.ar.raniry.ac.id Hafiz Maulana hafiid.maulana@ar-raniry.com Ismail Rasyid Ridla ismail.rasyid@ar-raniry.ac.id <p><em>The number of customers in 2020-2023 fluctuated, from 488 people in 2020, down to 403 customers and increasing again in 2022 to 494, until now there have been 619 customers who have utilized BSI KC Imam Bonjol Meulaboh sharia products. The fluctuation in the number of customers which on average tends to increase every year, is certainly influenced by many factors which in this study look specifically at the promotion mix and brand image factors of the bank. The purpose of the study was to determine the partial and simultaneous influence of the promotion mix and brand image variables of sharia products on customer decisions to save at Bank Syariah Indonesia, Imam Bonjol Meulaboh Branch Office, West Aceh. This study uses a quantitative approach and association research type. The population is 619 and the sample is 86. The data collection technique is a questionnaire. The results of the study showed that the promotion mix of BSI Imam Bonjol Meulaboh Branch customers partially had a significant effect on customer decisions. Brand image on BSI Imam Bonjol Meulaboh Branch customers partially has a significant effect on customer decisions. Promotion mix and brand image variables on BSI Imam Bonjol Meulaboh Branch customers simultaneously have a significant effect on customer decisions.</em></p> <p><br><em>Keywords: Promotion mix, Brand image, Customer Decision.</em></p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 M. Zamhuri Ramadhan1, Hafiz Maulana, Ismail Rasyid Ridla https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/322 PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERINGKAT SUKUK (OBLIGASI SYARIAH) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2023 2025-04-28T07:03:09+00:00 Cut Yunina cuteriva088@gmail.com Rizki Ramadhan rizkiramadhan@politeknikaceh.ac.id Sri Rani Fauziah sri.rani@politeknikaceh.ac.id Mutia Arfiani mutiaarfiani@politeknikaceh.ac.id Selvia Rahmadita selviaselvia159@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap peringkat sukuk (obligasi syariah) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023. Populasi dari penelitian ini adalah 36 perusahaan go public dalam menerbitkan sukuk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang memenuhi kriteria sampel terdiri dari 28 perusahaan yang dapat diteliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengujian hipotesis dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap peringkat sukuk, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat sukuk. Likuiditas dan profitabilitas berpengaruh simultan secara bersama-sama terhadap variabel peringkat sukuk.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Cut Yunina, Rizki Ramadhan, Sri Rani Fauziah, Mutia Arfiani, Selvia Rahmadita https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/329 ANALISIS PERBANDINGAN PENJUALAN UMKM SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MARKETPLACE: STUDI KASUS EMPING MELINJO KAK BIT PIDIE JAYA 2025-06-20T05:05:30+00:00 Rismadi Rismadi rismadi@politeknikaceh.ac.id Meutia Handayani meutiahandayani@politeknikaceh.ac.id Asmaul Husna asmaulhusna@politeknikaceh.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penjualan sebelum dan sesudah penggunaan marketplace pada UMKM Emping Melinjo Kak Bit di Desa Mesjid Tuha, Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan uji beda berpasangan (paired t-test), dengan data penjualan dari dua tahun sebelum (2018–2019) dan dua tahun sesudah (2020–2021) penggunaan marketplace. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara penjualan sebelum dan sesudah penggunaan marketplace, di mana rata-rata penjualan setelah penggunaan marketplace lebih tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan marketplace secara signifikan dapat meningkatkan penjualan pada UMKM tersebut.</em></p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Rismadi Rismadi, Meutia Handayani, Asmaul Husna