PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MAKANAN RINGAN (Studi Komparatif Pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh)

Penulis

  • Seri Murni Universitas Islam Negeri Ar- Raniry- Banda Aceh
  • nurul fajrina uin Ar- Raniry

Kata Kunci:

Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pada produk makanan ringan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh labelisasi halal pada produk makanan ringan terhadap keputusan pembelian masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal pada produk makanan ringan terhadap keputusan pembelian masyarakat di kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Ulee Kareng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier sederhana. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden dimana masing-masing kecamatan sebanyak 60 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan alat analisis SPSS versi 21,00. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa di kecamatan Kuta Alam labelisasi halal berpengaruh sebesar 24,9% terhadap keputusan pembelian masyarakat dan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan di kecamatan Ulee Kareng labelisasi halal berpengaruh sebesar 20,7% dan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu semakin banyak produk makanan ringan yang memiliki label halal maka semakin dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam mengkonsumsi produk makanan tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30