PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN LAYANAN TATAP MUKA TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA BSI KCP SUBULUSSALAM 2)

Authors

  • Mulia Fitri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Ismail Rasyid Ridla UIN Ar-Raniry
  • Ismuadi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Keywords:

Self Service Technology, Layanan Tatap Muka, Kepuasan Nasabah, , Bank Syariah indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Self Service Technology (SST) dan layanan tatap muka terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Subulussalam 2. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan SST (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, kemudian Layanan Tatap Muka (X2) menunjukkan bahwa berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dengan besaran nilai R² sebesar 0,556. Hal ini berarti hanya 55,6% variabel independen ( Self Service Technology dan kepuasan nasabah) dapat mempengaruhi variabel dependen ( kepuasan nasabah ), sedangkan sisanya sebesar dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dari hasil ini sebaiknya Bank Syariah Indonesia KCP Subulussalam 2 perlu melakukan peningkatan dan pemeliharaan sistem secara berkala agar SST dapat beroperasi dengan stabil dan tidak mengalami gangguan teknis yang sering menghambat transaksi nasabah.

Published

30-09-2025