Analisis Faktor-Faktor Terjadinya Non Performing Financing (Npf) Pada Pembiayaan Di BPRS (Studi Kasus Pembiayaan Murabahah BPRS Rahmania Dana Sejahtera Bireun)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA NON PERFORMING FINANCING (NPF) PADA PEMBIAYAAN DI BPRS (Studi Kasus Pembiayaan Murabahah BPRS Rahmania Dana Sejahtera Bireun)

Authors

  • Isra Maulina Iain lhokseumawe
  • Hilmi

Keywords:

Non Perfoming Financing, Pembiayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang faktor-faktor terjadinya non perfoming financing (NPF) pembiayaan murabahah pada BPRS Rahmania Sejahtera Bireun. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data literature review. Dalam penelitian menganalisis tentang faktor-faktor terjadinya non perfoming financing (NPF) pembiayaan murabahah pada BPRS Rahmania Sejahtera Bireun. Adapun hasil yang diperoleh adalah faktor- faktor terjadinya NPF dipengaruhi oleh dua faktor yaitu; yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah bahwa Nasabah tidak memiliki kualifikasi dan keterampilan untuk menjalankan bisnis. Sehingga kemampuan Nasabah dalam mengelola pembiayan Murabahah yang diberikan oleh BPRS Rahmania Dana Sejahtera masih kurang cakap sehingga terjadinya kredit macet. Faktor Ekternalnya adalah Kemampuan daya beli masyarakat yang kurang, disebabkan oleh tempat  usahanya Nasabah BPRS Rahmania Dana Sejahtera kurang strategis, dan Pendemi covid-19 sehingga mengakibatkan usahanya tidak berjalan dengan baik.

Published

31-03-2022